Pengetahuan Zikir Dalam Islam

Betapa bahagianya jika manusia dapat berzikir di setiap waktu dalam hidupnya!...

¨ Dari Anas dengan jalan Marfu’: “Sungguh aku
duduk bersama suatu kaum yang berdzikir kepada
Allah U dari shalat Shubuh hingga terbit matahari
lebih aku sukai dari memerdekakan empat orang
keturunan Ismail, dan sungguh aku duduk bersama
suatu kaum yang berdzikir kepada Allah U dari Shalat
Ashar hingga terbenam matahari lebih aku sukai dari
memerdekakan empat (orang budak) “.




”Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah),
melainkan Dia yang hidup kekal, lagi terus menerus
mengurus (makhluk-Nya). Tidak mengantuk dan tidak
tidur. Kepunyaan-Nya apa yang dilangit dan dibumi.
Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa
seizin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang ada
dihadapan mereka dan dibelakang mereka. Dan
mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah,
melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah
meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat
memelihara keduanya. Dan Allah Maha Tinggi lagi
Maha Besar”.


. أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ للهِ وَالْحَمْدُ للهِ لاَ إِلَھَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ
شَرِیْكَ لَھُ، لَھُ الْمُلْكُ وَلَھُ الْحَمْدُ وَھُوَ عَلىَ كُلِّ شَيْءٍ قَدِیْرٍ، رَبِّ
أَسْأَلُكَ خَیْرَ مَا فِي ھَذَا اْلیَوْمِ وَخَیْرَ مَا بَعْدَهُ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا
فِي ھَذَا الْیَوْمِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَسُوْءِ
الْكِبَرِ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فيِ النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ

“Kami telah memasuki waktu pagi, kerajaan
milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada Tuhan
yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa,
tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan bagi-
Nya pujian. Dia-lah yang Maha Kuasa atas segala
sesuatu. Ya Tuhanku, aku mohon kepada-Mu
kebaikan hari ini dan kebaikan sesudahnya. Aku
berlindung kepada-Mu dari kejahatan hari ini dan
kejahatan sesudahnya. Wahai Tuhan-ku, aku
berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan
di hari tua. Wahai Tuhanku, aku berlindung kepada-
Mu dari siksaan di neraka dan siksaan di kubur".



. اللَھُ مَّ بِ كَ أَصْ بَحْنَا، وَبِ كَ أَمْ سَیْنَا، وَبِ كَ نَحْیَ ا، وَبِ كَ نَمُ وْتُ
وَإِلَیْكَ النُّشُوْرُ

“Ya Allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu
kami memasuki waktu pagi, dan dengan rahmat dan
pertolongan-Mu kami memasuki waktu sore. Dengan
rahmat dan pertolongan-Mu kami hidup dan dengan
kehendak-Mu kami mati. Dan kepada-Mu kebangkitan
(bagi semua makhluk)“



. اللَّھُمَّ أَنْتَ رَبِّي لاَ إِلَھَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى
عَھْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ
لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّھُ لاَ یَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ
أَنْتَ

“Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tiada Tuhan
yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah
yang menciptakan aku. Aku adalah hamba-Mu. Aku
akan setia pada perjanjianku dengan-Mu semampuku.
Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang aku
perbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku
mengakui dosaku, oleh karena itu, ampunilah dosaku.
Sesungguhnya tiada yang dapat mengampuni dosa
kecuali Engkau “.


. اللَّھُمَّ إِنِّي أَصْبَحْتُ، أُشْھِدُكَ وَأُشْھِدُ حَمَلَةَ عَرْشِكَ، وَمَلاَئِكَتَكَ
وَجَمِیْعَ خَلْقِكَ، أَنَّكَ أَنْتَ اللًھُ لاَ إِلَھَ إِلاَّ أَنْتَ وَحْدَكَ لاَ شَرِیْكَ لَكَ،
وَأَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُكَ وَرَسُوْلُكَ. أَرْبَعَ مَرَّاتٍ

“Ya Allah, sesungguhnya aku di waktu pagi
bersaksi kepada-Mu, malaikat yang memikul ‘Arasy-
Mu, malaikat-malaikat dan seluruh makhluk-Mu,
sesungguhnya Engkau adalah Allah, tiada Tuhan
yang berhak disembah kecuali Engkau Yang Maha
Esa, tiada sekutu bagi-Mu dan sesungguhnya
Muhammad adalah hamba dan utusan-Mu“.


. اللَّھُمَّ مَا أَصْبَحَ بِي مِنْ نِعْمَةٍ أَوْ بِأَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ فَمِنْكَ وَحْدَكَ
لاَ شَرِیْكَ لَكَ، فَلَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ

“Ya Allah, nikmat yang kuterima atau diterima
oleh seseorang di antara makhluk-Mu di pagi ini
adalah dari-Mu. Maha Esa Engkau, tiada sekutu bagi-
Mu. Bagi-Mu segala puji dan kepada-Mu panjatan
syukur (dari seluruh makhluk-Mu)”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin berkomentar silahkan ketik
komentar anda dan silahkan pilih profile anonymous setelah itu klik publikasikan.
Jika anda akan berkomentar sebagai akun anda silahkan pilih profile anda
yang terdapat pada pilihan yang tersedia lalu klik publikasikan dan masukan Email+Password anda lalu klik sign in / masuk dan komentar anda secara otomatis sudah di publikasikan sebagai profile anda!...
Trim'S...